MUKHOYYAM QUR’AN PTQ UKHWATUL QUR'AN - Jurnal Rizki

Breaking

Selasa, 21 November 2023

MUKHOYYAM QUR’AN PTQ UKHWATUL QUR'AN


        Program mukhoyyam Al-Qur’an dilaksanakan selama tiga hari dimulai pada tanggal 17 November – 19 November 2023 yang bertempat di Hillcrest villa and cottages, Peserta Mukhoyyam Al-Qur’an adalah seluruh santri dan santriwati PTQ Ukhwatul Qur'an yang berada di Tabek Gadang Kelurqahan Aur Kuning .
        Pada kegiatan mukhayyam Al-Qur'an ini, santri-santri dibekali pemahaman tentang Al-Qur'an bagaimana cara membacanya yang benar, Peningkatan kemampuan Menghafal, Peningkatan ketercapaian Hafalan Al-Qur’an, Penanaman kemampuan menjaga dan mengulang hafalan Al-Qur’an ( Muroja’ah ). setelah diberikan pembekalan, santri diwajibkan untuk menghafalkan dan menyetorkan hafalannya kepada pembimbing tahfidznya masing-masing setiap hari.



        Proses pelaksanaan mukhayyam Al-Quran satu Guru mendampingi 10 anak dan setiap hari ada beberapa sesi pertemuan, dan setiap sisinya kita berikan durasi waktu minimal 1 jam sehingga anak-anak kita tidak ada waktu Jeda untuk menyetorkankan hafalannya, sehingga pertemuan persesi itu sangat kondusif,  benar-benar terawasi dengan baik sehingga target-target yang kita inginkan bisa tercapai dengan maksimal.


        Alhamdulillah selama tiga hari Mukhoyyam Al-Qur'an ini, semua berjalan dengan lancar santri tampak sangat semangat dalam menghafal Al-Qur'an, Santri-santri sangat luar biasa responnya, dan rasanya tidak pernah ada rasa jenuh menghapirinya karna memang sebenarnya Al-Qur'an itu tidak pernah memberikan kejenuhan atau kemalasan pada seseorang, tinggal orangnya sendiri bagaimana  bisa semangat terhadap Al-Qur'an itu sendiri, selalu hadirkan rasa cinta terhadap Al-Qur'an, dan ini yang dirasakan santri kita selama mukhoyyam Al-Qur'an, rasa jenuh atau bosan seperti tak menghampirinya, karena meraka sudah cinta pada Al-Qur'an. Dan terbukti diakhir mukhoyyam pencapaian-pencapaian peserta mukhoyyam hampir semua diatas yang sudah kita targetkan. bahkan ada di antara peserta menyelesaikan setoran hafalan Al-Qur’annya dan ini adalah prestasi yang sangat membanggakan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot