Hujan Abu Vulkanik Setelah Erupsi Gunung Merapi - Jurnal Rizki

Breaking

Minggu, 03 Desember 2023

Hujan Abu Vulkanik Setelah Erupsi Gunung Merapi


Gunung Merapi di Sumatra Barat mengalami erupsi pada Minggu, 3 Desember 2023, pukul 14:54 WiB. Erupsi tersebut terekam di seismogram Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi  dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi sementara ini ± 4 menit 41 detik.

Dalam keterangan resminya PVMBG menetapkan Gunung Marapi Sumatra Barat berada pada level II atau waspada. Atas hal tersebut PVMBG juga merekomendasikan agar masyarakat disekitar Gunung Api Marapi dan pengunjung tidak diperbolehkan mendaki.

Erupsi itu terjadi sekitar pukul 14.54 WIB. Letusannya sangat jelas terdengar. "Saya kira itu tadi gempa, ternyata erupsi Gunung Marapi. Dentum erupsinya sangat keras seperti suara petir".


Pasca erupsi Gunung Marapi tersebut, terjadi hujan pasir. Kondisi Kota Bukittinggi sekitarnya menjadi gelap dan bau belerang sangat menyengat. "Sekarang masih hujan pasir, banyak abu yang berjatuhan ke pemukiman warga, dan bahkan jalanan pun dipenuhi dengan pasir abu," 


Erupsi Gunung Marapi itu sampai ke pusat Kota Bukittinggi. Jarak Kota Bukittinggi dengan Gunung Marapi sekitar 12 kilometer. Tidak lama hal itu terjadi, aksi cepat tanggap langsung di lakukan oleh tim human initiative berupa bagi bagi masker untuk pengguna jalan raya yang melintas di depan kantor Human initiative yang berlokasi di gurun panjang tepatnya didepan kantor BPJS kesehatan Kota Bukittinggi. 




2 komentar:

Post Top Ad

Your Ad Spot